Kelurahan Pateten Tiga Jawara PHBS se-Kota Bitung

  • Whatsapp
Kelurahan Pateten Tiga
GIAT : Pateten Tiga fokus membangun kelurahan

BITUNG, JDINews.com – Kelurahan Pateten Tiga berhasil meraih juara 1, Tingkat kota Bitung dalam satu kegiatan Kategori PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat).

Kegiatan yang baru dilaksanakan dan dinilai beberapa pekan terakhir ini memberi apresiasi bagi kelurahan yang dipimpin Lurah Syafrudin Takahindangen dan seluruh staf serta tim yang terlibat bersama,

Read More

Gerakan PHBS sebagai langkah awal ‘Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat’.

Terbaca dari laman Kemenkes, pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat. 

Dari hasil yang diraih ini informasi Kelurahan Pateten Tiga akan diikutsertakan dalam lomba PHBS ke Tingkat Provinsi.

‘’Harapan kami sebagai Lurah Pateten Tiga dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Pateten Tiga Ibu Armin Sanggel, jika kelurahan Pateten Tiga benar akan diikut sertakan dalam lomba PHBS tingkat provinsi, maka kami butuh kerjasama dari semua warga Pateten Tiga terutama kerjasama Tim Penggerak PKK’’ sebut Takahindangen.

Kelurahan Pateten Tiga

KINERJA

Capaian di lomba PHBS ini tak lepas dari kinerja aktif Kelurahan tersebut. Takahindangen mempelopori sejumlah kegiatan yang dinilai baik selama ini, di antaranya ;

1. Tim Doa

Tugas dan fungsi tim doa adalah mengunjungi semua warga yang sakit, baik di rumah maupun di rumah sakit.

Maksud kunjungan mencari tahu warga yang lagi sakit, sakit apa, dan kalau sudah dua tiga hari tidak ke RS kenapa.?

Karena banyak warga yang tidak mau ke RS, jika mereka tidak memiliki KTP, KK, KIS dan JAMKESMAS. Jika dalam kunjungan team doa, ada syarat administrasi yang belum warga miliki maka difasilitasi untuk membuatnya.

‘’Karna kami sadari, kami hadir di kelurahan sebagai pelayan bagi warga’’ kata Lurah.

2. Pelayanan Administrasi

Tidak dibenarkan jika warga membutuhkan tanda tangan Lurah, jika lurah tidak berada dikantor lurah, lalu warga mencari lurah.

3. Program Pemerintah Kelurahan

Memberlakukan giat setiap pagi 30 menit menyapa lingkungan.

‘’Artinya setiap hari RT dan pala wajib tahu apa yang a terjadi hari ini dan seterusnya di tengah-tengah warga.

4. Sambung Rasa

Lurah mengunjungi tokoh agama, tokoh masyarakat dan Tokoh adat, untuk meminta masukan, saran dan kritikan untuk kemajuan kelurahan Pateten Tiga.

‘’Jadi semua dikerjakan bersama dan kontinyu, tak ada motif lain selain bersama membangun kota Bitung melalui kelurahan’’ pungkas Takahindangen.(erkaem)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *